Sukses

Pabrik Kimia di Cikarang Terbakar, Polisi Usut Penyebabnya

Kebakaran di pabrik kimia itu berlangsung sekitar 2,5 jam dengan menghancurkan seluruh fisik gudang.

Liputan6.com, Bekasi - Kepolisian Sektor Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyelidiki peristiwa kebakaran yang melanda pabrik bahan kimia di kawasan industri Deltamas, Cikarang Pusat, Senin malam, 8 Agustus 2016.

"Yang terbakar ruang gudang DPT store tempat produksi bahan kimia pengembang karet milik PT Dunia Kimia Jaya," ucap Kapolsek Cikarang Pusat AKP Bobby Kusumawardhana di Cikarang, seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/8/2016) dini hari.

Menurut dia, kebakaran itu terjadi pukul 18.30 WIB dan berlangsung sekitar 2,5 jam dengan menghancurkan seluruh fisik gudang.

"Kami belum bisa pastikan penyebab kebakaran. Dan api saat ini sudah berangsur padam," kata dia.

Dikatakan Bobby, upaya pemadaman api dilakukan dengan mengerahkan puluhan armada damkar milik pengembang Deltamas, Lippo Cikarang, Jababeka dan Pemkab Bekasi.

Bobby mengaku belum dapat mengalkulasi total kerugian yang diderita pengusaha akibat kejadian itu. "Sampai saat ini kerugian belum dapat ditaksir. Kita masih periksa saksi-saksi."

Ia pun memastikan, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. "Dapat kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran itu."

Adapun salah satu saksi mata, Wahyu (40) mengatakan awal mula api mulai terlihat kali pertama dari gudang sebelah timur.

"Saya langsung menutup rapat pintu dari ruang yang terbakar dan berlari membunyikan alarm," kata dia.

Setelah alarm dibunyikan, seluruh karyawan pabrik kimia yang bekerja pada shif 1 berhamburan keluar ruang kerja. "Ada sekitar empat karyawan saat kejadian di lokasi dan dua lainnya petugas keamanan. Tidak ada yang terluka," ia mengungkapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.