Sukses

Jendela Dunia: Pawai Pikachu Menandai Festival Pokemon di Jepang

Ribuan orang memadati pinggir jalan untuk menonton Pikachu berjoget dalam pawai.

Liputan6.com, Yokohama - Ruas-ruas jalan di Yokohama, Jepang, didominasi warna kuning, menyusul digelarnya pawai pikachu, sekaligus menandai dimulainya Festival Pokemon. Ribuan orang memadati pinggir jalan untuk menonton Pikachu berjoget dalam pawai. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (8/8/2016).

Yokohama mulai menggelar festival bertema pokemon sejak 2014 lalu, namun ini kali pertama pawai pikacu dilakukan. Festival Pokemon akan berlangsung hingga hari Minggu pekan depan dengan berbagai acara dan permainan anak bertema Pokemon.

Di Skopje, Macedonia, pemerintahnya mengumumkan keadaan darurat di sebagian Ibu Kota, menyusul tewasnya 21 orang akibat hujan deras dan banjir.

Ratusan rumah dan kendaraan rusak. Ruas jalan tak bisa dilewati dalam bencana terparah yang pernah terjadi di Skopje.

Di Quetta, Pakistan, bom meledak di halaman rumah sakit milik pemerintah di Quetta, menewaskan sedikitnya 42 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Ledakan terjadi beberapa saat usai jenazah seorang pengacara terkenal yang tertembak dalam sebuah serangan, sehari sebelumnya, dibawa ke rumah sakit tersebut. Hampir 100 pengacara dan warga tengah berkumpul saat itu.

Di Istambul, Turki, sekitar 3,5 juta warga memadati lapangan Yenikapi untuk mendengarkan pidato Presiden Recep Tayyip Erdogan tentang persatuan. Unjuk rasa massal bertema satu hati, satu bangsa ini terbesar dalam sejarah moderen Turki. Sebanyak 30 ribu polisi dan sejumlah kapal perang serta kapal penjaga pantai bersiaga di pesisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.