Sukses

Kelompok Musik Kontemporer Terus Berkembang

Perkembangan musik di Solo, Jawa Tengah, ditandai dengan lahirnya sejumlah kelompok musik kontemporer, seperti grup musik Etno Ensemble.

Liputan6.com, Solo: Perkembangan musik di Solo, Jawa Tengah, ditandai dengan lahirnya sejumlah kelompok musik kontemporer. Seperti grup musik Etno Ensemble yang mendominasi permainan musik dengan perkusi. Uniknya, kelompok tersebut bereksperimen dengan mengembangkan musik khas reog Ponorogo yang dinamis.

Pengamat musik I Wayan Sadra mendukung perkembangan musik ini. "Ini menarik karena sebuah fenomena yang menggejala. Kelompok band itu kalau sekarang tanpa instrumen etnik itu rasanya kurang sreg," kata Wayan, Ahad (3/1).

Namun, Wayan menyayangkan kelompok musik kontemporer yang kurang mengeksploitasi alat musik lokal, seperti gendang ataupun gamelan. Selain itu, ia juga menilai masih banyak grup musik kontemporer yang belum mempunyai jati diri lantaran cenderung memainkan lagu yang sedang populer.

Meski demikian, hadirnya kelompok musik kontemporer harus diapresiasi. Sebab, mereka mampu memadukan memadukan alat musik tradisional dengan modern untuk menghasilkan harmonisasi yang indah. Terlebih, ini merupakan salah satu cara untuk terus melestarika kebudayaan musik anak bangsa.(ASW/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini