Sukses

Penyebab Api Berkobar Hebat di Hotel Swiss Bel Kelapa Gading

Meski belum beroperasi dan masih dalam proses penyelesaian, beberapa lantai di Swiss Belhotel sudah tersimpan barang interior.

Liputan6.com, Jakarta - Api dengan cepat merambat dan menghanguskan beberapa lantai Swis Belhotel, Kelapa Gading, Jakarta Utara, kemarin. Sebabnya, api melahap barang-barang yang mudah terbakar selama enam jam. Seperti dituturkan salah seorang pekerja Swiss Belhotel, Senin (8/8/2016).

Pantauan Liputan6.com, tampak lubang menganga di lantai 13 dan terus merembet hingga ke lantai 25.

"Ini 26 lantai, ya wajar cepat kebakar dan lama pemadamannya. Sebab sudah ada karpet, dan beberapa barang di setiap lantai. Ini (pembangunan hotel) sudah mau finishing," ujar pekerja yang minta namanya disamarkan, Senin (8/8/2016).

Dia menerangkan, proyek instalasi itu sudah berjalan sejak 3 tahun lalu. Selama puluhan tahun dia bekerja tidak pernah ada kejadian menimpa seperti kemarin sore.

"Semua pemasangan di sini sudah sesuai standar keamanan, saya masih cek di mana penyebab terbakarnya," terang dia.

Pantauan Liputan6.com di lantai 13, terlihat kaca pecah. Dari kejauhan warna hitam bekas asap membuat kaca-kaca gedung itu berubah warna.

Si jago merah melalap Hotel Swiss Bel, Minggu 7 Agustus 2016, sekitar pukul 16.40 WIB. Api pertama kali muncul berada di lantai 23.

Ada 12 orang menjadi korban akibat kebakaran ini. Mereka merupakan pekerja bangunan yang tengah menyelesaikan pembangunan proyek hotel tersebut.

Dua dari 12 orang tersebut dinyatakan meninggal dunia, setelah terjatuh dari atas gedung. Sementara, 10 lainnya mengalami luka-luka dan sesak napas akibat menghirup asap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.