Sukses

Penumpang Sriwijaya Diinapkan Akibat Pesawat Tertimpa Tangga

Ekor pesawat Sriwijaya Air di Bandara Kualanamu Medan tertimpa tangga manual.

Liputan6.com, Medan - Ekor pesawat Sriwijaya Air bernomor penerbangan SJ 017 dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta tertimpa tangga manual penumpang pada Sabtu 6 Agustus malam. Penerbangan pada malam itu pun diundur pada hari ini, Minggu (7/8/2016) pukul 12.30 WIB menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Akibatnya, 160 penumpang pesawat Sriwijaya penerbangan dari Bandara Kualanamu ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta diinapkan di hotel.

"Penumpang yang berjumlah 160 orang oleh pihak Sriwijaya Air diinapkan di Hotel Polonia, Hotel Miyana dan Hotel Danau Toba," kata Manajer Humas Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto di Medan, Minggu.

Wisnu menjelaskan, pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJ 016 tipe B737-500 dengan registrasi PK CMO menuju Jakarta harusnya terbang sekira pukul 19.30 WIB, Sabtu 6 Agustus kemarin. Namun, ada insiden yang mengakibatkan penerbangan pesawat itu tertunda. Ekor pesawat tertimpa tangga manual.

"Setelah tangga manual diletakkan di pintu belakang, mobil BTT (Baggage Towing Tractor) bergerak meninggalkan tangga manual. Namun karena tuas yang menyambungkan tangga manual ke mobil BTT belum dilepas sehingga saat mobil BTT bergerak tangga manual terseret hingga menimpa sayap belakang pesawat," kata Wisnu.

Tangga manual tersebut baru bisa terlepas dan normal kembali pada pukul 02.00, Minggu. "Berdasarkan laporan, kendaraan yang membawa tangga manual untuk penumpang dilakukan oleh ground handling dari Sriwijaya Air," Wisnu menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.