Sukses

JK: Ada Penyalahgunaan Visa untuk Kejahatan, tapi Tidak Jutaan

Polda Metro Jaya mengungkap kejahatan yang dilakukan oleh warga negara asing belum lama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengungkap kejahatan yang dilakukan oleh warga negara asing belum lama ini. Mereka rupanya menyalahgunakan paspor wisata ke Indonesia untuk menjalankan aksinya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan, setiap kebijakan memang ada sisi positif dan negatif. Tak terkecuali, memberlakukan bebas visa kepada lebih dari 70 negara.

"Kebijakan kita memperluas bebas visa hampir 70 negara. Tentu turis bertambah, tapi orang yang masuk atas nama turis juga seperti ada efeknya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2016.

Untuk mengatasi itu, aparat berwenang tentu sudah melakukan penindakan dan penangkapan. Dan penyalahgunaan itu tidak bisa dihindari.

"Tetapi kan tidak sebanyak apa yang diberitakan, jutaan tidak, ya puluhan ada pasti itu. Dan itu tugas polisi dan Imigrasi untuk menangkap," ucap JK.

Mereka yang terbukti menyalahgunakan tentu tidak akan lepas dari sanksi hukum. Terlebih yang mereka melakukan dua pelanggaran sekaligus.

"Mengaku turis tapi dia bekerja atau membuat kegiatan ilegal. Apalagi itu dia dua, dobel dia punya dosanya, membuat kejahatan kedua memakai visa turis untuk kejahatan itu," ujar JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini