Sukses

RSUP Adam Malik Perlu Tingkatkan Tenaga Medis dan Fasilitas

RS Adam Malik menjadi pusat rujukan dari beberapa rumah sakit yang ada di provinsi Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI, Saleh PartaonanDaulay mengarahkan agar RSUP H. Adam Malik Medan bisa mencari solusi peningkatan fasilitas layanan medis. Menurutnya rumah sakit ini adalah pusat rujukan dari beberapa rumah sakit yang ada di provinsi Sumatera Utara, sehingga sulit menghindar dari tanggung jawab pelayanan masyarakat. 

"Jadi tentu pemenuhan fasilitas layanan medis perlu ditingkatkan. Kenapa, karena ini rumah sakit yang sangat dinamis, menampung banyak pasien. Dia menjadi sentral dari rujukan-rujukan rumah sakit di daerah-daerah. Kalau rumah sakit daerah tidak mampu pasti dilarikannya ke sini," ujar Saleh sesaat setelah melakukan kunjungan langsung di RS Adam Malik Medan, Rabu (3/8).

Setelah Saleh berkeliling dan melakukan pemantauan serta menanyakan keluhan-keluhan yang ada, di rumah sakit Adam Malik Medan, dia berkesimpulan secara umum tenaga medis masih kurang. Rumah sakit ini membutuhkan dokter tambahan, dengan begitu bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

"Keluhan-keluhannya kan tentang tenaga medis yang kurang, untuk perawat saja masih butuh sampai 350 orang. Padahal tenaga kerja di situ sudah lebih 2ribu orang. Dan kalau dilihat dari sirkulasi pasien, untuk rawat jalan saja untuk sebulan 25ribu orang," ungkap Anggota Dewan dari dapil Sumut II.

Politisi PAN ini juga, melihat beberapa kendala dari sisi obat-obatan. "Kelihatannya kebutuhan obat-obatan sudah dipenuhi sedemikian rupa tapi kadang-kadang kesulitan untuk mendapat pasokan, karena itu harus dipastikan distributor-distributor resmi yang masuk ke rumah sakit ini. Dan pemesanan rumah sakit dari jauh-jauh hari harus jelas," kata Saleh.

Saleh juga menyinggung soal fasilitas, menurutnya kalau RSUP H. Adam Malik dibandingkan dengan rumah sakit besar lain masih ketinggalan.

"Kalau dibandingkan dengan rumah sakit lain ini masih kurang lah. Terutama masih agak sumpek, masih banyak masyarakat yang duduk tidak teratur, ini perlu ditertibkan. Rumah sakit itu kan harus dibuat nyaman," tuntas Saleh.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.