Sukses

Yuk, Kenali Budaya di Lebaran Betawi ala Tangerang Selatan

Jejak kebudayaan Betawi juga menapak di Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Kota Tangsel (LIMABETA) kembali menggelar Festival Lebaran Betawi di Jalan Raya Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Gelaran rutin tahunan ini akan diikuti ribuan budayawan Betawi asal Tangsel.

"Rencananya tanggal 5 sampai 7 Agustus 2016. Lokasinya sama seperti tahun kemarin. Tahun ini, kami ambil tema 'Harmoni Dalam Kebersamaan Dalam Menjaga dan Melestarikan Budaya Betawi'," kata Rudi selaku Ketua Panitia Pengelenggara, Kamis (5/8/2016).

Menurut dia, kegiatan tersebut sudah dicanangkan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany untuk menjadi acara tahunan. Sebab, dengan adanya acara ini ternyata mampu menjadi wadah pengenalan seni dan budaya Betawi yang tumbuh dan berkembang di Kota Tangsel.

"Kita tahu, Kota Tangsel merupakan salah satu kota yang memiliki latar belakang budaya Betawi. Di sini (Tangsel) mengakar dan berkembang seni dan budaya dalam keseharian masyarakatnya," kata Rudi.

Beragam stan pameran kearifan lokal Betawi dan penganan khasnya akan hadir dalam acara ini. Turut pula beragam kesenian seperti tanjidor, lenong, sampai perang petasan dengan berbagai miniatur menarik setinggi belasan meter, memeriahkan acara.

"Kami juga berharap, kegiatan ini menjadi agenda edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat dan memperkenalkan seni serta budaya Betawi ini ke tingkat Nasional," kata Rudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.