Sukses

Lapik Arca Ganesha Ditemukan

Tim BP3 Yogyakarta berhasil menemukan tempat dudukan atau lapik Arca Ganesha. Tim juga sukses menentukan ukuran bangunan candi utama berukuran 213 meter.

Liputan6.com, Sleman: Tim Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala atau BP3 Yogyakarta menemukan tempat dudukan atau lapik Arca Ganesha dalam penggalian lanjutan di kampus Universitas Islam Indonesia, Kamis (31/12). Tim juga berhasil menentukan ukuran bangunan candi utama berukuran 213 meter.

Proses ekskavasi atau penggalian candi Hindu di Kampus UII terhambat hujan. Kini penggalian diarahkan untuk mencari pagar candi dengan berpegangan pada lingga pathok. Biasanya pathok ini menjadi penanda titik pusat halaman candi.

Dari semua temuan yang diperoleh, tim BP3 menyimpulkan candi di kampus UII adalah candi Siwa dan jenis candi Wahana. Tapi usia candi belum diketahui karena belum semua bagian kala ditemukan. Kawasan lereng selatan Merapi diketahui banyak berdiri candi Hindu. Umumnya candi-candi merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno pada abad ke-9 dan ke-10 Masehi.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.