Sukses


Klarifikasi Ketua MPR Soal Politisi dan PNS

Zulkifli Hasan menegaskan bahwa ada mispersepsi, salah kutip dan "salah tangkap" maksud dari pernyataan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengeluarkan pernyataan klarifikasi soal pemberitaan yang berisi penyesalan Korpri yang menganggap Ketua MPR Zulkifli Hasan melecehkan PNS dalam satu pernyataan yang dirilis media massa.

Dalam klarifikasinya, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa ada mispersepsi, salah kutip dan "salah tangkap" maksud dari pernyataan tersebut. Politisi dan birokrasi sangat berbeda bidang kerja dan pekerjaannya dalam artian positif. Kalau birokrasi jam kerjanya jelas, ukuran kinerja dan prestasinya jelas. Intinya birokrasi punya cara kerja sendiri.

Sedangkan politisi cara kerjanya berbeda. Tidak bisa bekerjanya politisi seperti bekerjanya birokrat. Seorang birokrat juga tidak bisa bekerjanya seperti politisi. Sebab, birokrat punya jam kerja, disiplin dan nilai nilai sendiri. Politisi tdak ada jam kerjanya kapan saja hari Sabtu Minggu kerja bisa siang bisa malam.

"Ukuran kerja politisi, adalah dikenal publik secara luas. Makanya kerja politisi salah satunya adalah banyak silaturahmi agar dikenal publik. Karakteristik kerja politisi dan birokrasi berbeda, masing-masing memliki ciri khas dan parameter kinerja yang berbeda," katanya, usai menghadiri acara pengenalan kampus mahasiswa baru Universitas Sriwijaya, Palembang, Selasa ( 2/8 ).

Ukuran hasil kerja birokrasi, lanjut Zulkifli, jelas namun beda. Birokrasi ada penilaian kinerja sendiri,ada kepangkatan dan golongan. Politisi hasilnya adalah misal jika menyalonkan diri menjadi Bupati, Walikota menang.

Jadi, sekali lagi Zulkifli menegaskan tidak ada pernyataan dan maksud yang menyebut bahwa kerja politisi paling baik yang lain tidak atau sebaliknya. Yang dititikberatkan kepada politisi parpol bekerjalah sebagai seorang politisi tanpa mengenal jam kerja aktif mengunjungi rakyat.

Jangan sampai politisi bekerja hanya bekerja full di kantor tanpa sering mengunjungi rakyat. Zulkifli juga katakan bahwa politisi tidak kalah terhormatnya dengan yang lain artinya yang lain selain politisi terhormat juga.

"Saya betul-betul meluruskan hal tersebut agar tidak terjadi salah paham yang makin meluas. Sekali lagi saya jelaskan tidak ada maksud saya mengatakan bahwa kerja politisi lebih bagus dari birokrasi, tidak ada itu. Semua baik birokrasi dan politisi bekerja sesuai jalur dan tupoksinya masing-masing dan semua mulia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.