Sukses

Polisi Antisipasi Bentrok Bonek dengan Jakmania di Jakarta

Jakarta kedatangan ribuan pendukung klub sepakbola Persebaya, bonek alias bondho nekat.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta kedatangan ribuan pendukung klub sepakbola Persebaya, bonek alias bondho nekat. Mereka akan menggelar aksi protes terkait dibekukannya klub kesayangan mereka oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Aksi unjuk rasa akan dilakukan di kantor PSSI Gelora Bung Karno Senayan, gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Senayan, dan depan Istana Negara Gambir Jakarta Pusat.

"Setiap bonek yang turun dari kereta, kita razia dahulu untuk mengantisipasi adanya benda-benda yang tidak diinginkan seperti senjata tajam. Jangan sampai mengganggu Kamtibmas (Keamanan, Ketertiban Masyarakat)," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono disela acara bakti sosial, Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2016).

Awi mengungkapkan, kesatuannya akan mengawal aktivitas bonek mulai dari bertolak ke satu titik ke titik lainnya dan saat berdemonstrasi. Tujuannya, untuk memastikan situasi kondusif dan keberadaan bonek tidak memancing bentrok dengan pendukung Persija, The Jakmania.

"Kita berikan pengamanan dan pengawalan saat demo massa. Jangan sampai terjadi bentrok dengan supporter yang lainnya. Kita juga sudah sudah berkoordinasi dengan Polda Jatim, petinggi atau pimpinan bonek soal ini," ungkap Awi.

Awi sebelumnya menjelaskan kepolisian menurunkan 1.000 personelnya untuk mengamankan jalannya demonstrasi bonek. Data terbaru polisi, jumlah bonek di Stadion Koja, Jakarta Utara hingga pagi ini sebanyak 966 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini