Sukses

PDIP: Perjuangan Politik Bung Karno Wujudkan Indonesia Berdaulat

Hasto mengingatkan, perjuangan itu tidaklah mudah. Politik devide et impera yang terus bekerja dan posisi Indonesia yang kaya dan strategis.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, berpolitik dengan penuh semangat, penuh kreativitas, dan kegembiraan untuk rakyat bisa dilakukan salah satunya dengan mendengarkan musik yang sarat pesan kebangsaan dan nasionalisme.

Hal tersebut ia katakan pada acara bimbingan teknis anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota dari PDI Perjuangan se-Jawa Timur di Batu, Jawa Timur, Minggu 31 Juli 2016.

Hasto mengingatkan para kader PDIP bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu, tidak hanya bangga oleh identitas sejarah sebagai partai yang terus menerus memperjuangkan ide, gagasan, pemikiran, dan cita-cita Bung Karno. Namun, juga PDIP terus membumikan ajaran Bung Karno.
 
"Perjuangan politik Bung Karno adalah mewujudkan gambaran Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian, melalui bangunan kebudayaan Indonesia yang dicirikan oleh gotong royong dan musyawarah mufakat," kata Hasto.

Namun, Hasto mengingatkan, perjuangan itu tidaklah mudah. Politik devide et impera yang terus bekerja dan posisi Indonesia yang kaya dan strategis, menjadikan Indonesia sebagai rebutan kepentingan asing.

"Di dalam negeri gejalanya juga mengkhawatirkan, pragmatisme politik menggejala dan kekuasaan hanya dilihat sebagai transaksi kepentingan. Pragmatisme politik ini harus dicegah. PDIP harus betul-betul mempraktikkan politik ideologis-substansial, yang tolak ukurnya adalah dukungan rakyat melalui kerja konkrit di lapangan," beber Hasto.

Atas berbagai tantangan yang dihadapi PDIP, termasuk bagaimana mendorong peningkatan efektivitas dukungan dan kinerja pemerintahan, Hasto meminta agar setiap anggota PDIP tidak boleh cepat berpuas diri.

Hasto juga mengingatkan para anggota legislatif PDIP yang merupakan representasi wajah partai, sehingga diharapkan mereka mampu menampilkan wajah partai di tengah masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.