Sukses

VIDEO: Menteri BUMN Cukur 14 Anak Gimbal di Dieng

Tak hanya ditonton warga setempat, ritual cukuran rambut gimbal juga menarik perhatian wisatawan asing.

Liputan6.com, Wonosobo - Sedikitnya 14 anak berambut gimbal usia 2 hingga 6 tahun dikumpulkan di Telaga Menjer, Desa Mudal, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu pagi tadi. Mereka datang dengan didampingi para orangtua.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (31/7/2016), anak-anak ini mengikuti ritual tahunan, yaitu Cukuran.

Rambut gimbal dicukur agar anak-anak selalu sehat dan menjadi anak yang baik. Sebab bila rambut tidak dipotong, diyakini anak-anak itu akan sakit-sakitan sepanjang hidupnya.

Ritual kali ini cukup istimewa, karena salah seorang yang mencukur rambut gimbal adalah Menteri BUMN Rini Sumarno.

Tak hanya ditonton warga setempat, ritual cukuran rambut gimbal juga menarik perhatian wisatawan asing.

Agar rambut gimbal tidak kembali tumbuh, segala permintaan anak berambut gimbal harus dituruti. Termasuk dua ekor kambing, mainan serta jajanan.

Setelah pemotongan rambut gimbal, potongan rambut serta berbagai tumpeng robyong serta ubo rampe lainnya dilarung ke tengah Telaga Menjer.

Warga percaya, larungan rambut gimbal merupakan pengganti tumbal. Agar para anak-anak berambut gimbal tersebut selalu dilindungi. Anda percaya atau tidak, tapi itulah tradisi masyarakat di Wonosobo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.