Sukses

Kampanye #ThinkBeforeYouShare Digelar di Car Free Day

Tak hanya bagi-bagi balon, inti utama acara ini juga difokuskan pada papan kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Membanjirnya jumlah pengguna media sosial menguatkan niat Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Indonesia bersama Facebook Asia Pacific, Do Something Indonesia, dan Sudah Dong,  melaksanakan Kick Off Campaign #ThinkBeforeYouShare di Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Kampanye sosmed seperti ini pertama kalinya kita laksanakan, dengan tujuan untuk mengimbau masyarakat bagaimana cara pemakaian sosmed yang baik dan benar," ujar Rezha Bayu Oktavian, Program Specialist YCAB sekaligus Project Manager Do Something Indonesia," Jakarta, Minggu (31/7/2016).

Diikuti lebih dari 50 relawan, acara ini dimulai dengan membagi-bagikan balon helium bertuliskan tagar #ThinkBeforeYouShare, yang akan dibarengi penjelasan singkat mengenai konten kampanye.

Kemudian, bagi yang menerima balon harus mengabadikan momennya bersama balon beserta poster yang disediakan panitia, dan dimasukkan ke akun media sosial yang mereka miliki, seperti Facebook atau Instagram.

"Sebenarnya ini hasil dari salah satu riset kita bahwa untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu objek, itu bisa melalui cara campaign development. Dengan bagi balon dan share ke sosmed mereka bisa tahu maksud tujuan kita menggelar kampanye ini," jelas Rezha.

Tak hanya bagi-bagi balon, inti utama acara ini juga difokuskan pada papan kreatif, di mana peserta, panitia, maupun para pengguna media sosial dilatih berkomentar secara positif melewati proses pemikiran secara matang.

"Di papan tersebut kita diajak untuk tulis komen dan vibe-vibe positif, melatih orang untuk bisa menggunakan sosmed dengan baik. Pikir dulu baru share," tegas Rezha.

Acara ini berlangsung sejak pukul 05.30 WIB hingga 10.00 WIB dan diakhiri dengan pelepasan balon helium, oleh representasi pihak-pihak terkait seperti YCAB Indonesia, Do Something, Sudah Dong, dan Facebook Asia Pacific.

Masyarakat Jakarta yang sedang mengikuti CFD pagi ini pun turut senang, dengan pelaksanaan acara tersebut. Acara ini memberikan edukasi bagi anak-anak, khususnya dalam menggunakan sosmed.

"Iya, saya sih turut senang ya ada acara kayak gini. Diajar untuk tidak asal posting di media sosial. Anak-anak juga suka foto-foto dan dapat balon," ujar seorang ibu yang turut ikut dalam kampanye #ThinkBeforeYouShare.

Pada acara ini, selebriti sekaligus radio announcer, Muhammad Farhan, mengatakan untuk mengubah karakter pengguna media sosial warga diperlukan kemampuan mengontrol. Kemampuan ini bisa diperoleh dalam lingkungan keluarga, bukan di sekolah ataupun lingkungan sekitar.

"Kalau anak cowok, yang kita takutkan itu apa yang dia download, tapi kalo cewek yang kita takut itu apa yang dia upload," kata Farhan. (Winda Prisilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini