Sukses

Puluhan Mortir Aktif Ditemukan

Detasemen Intel Kodam I Bukit Barisan menyita 44 mortir aktif. Mortir jenis proyektil meriam berdiameter 76 milimeter dan mempunyai daya ledak tinggi.

Liputan6.com, Medan: Detasemen Intel Komando Daerah Militer I Bukit Barisan, Senin (28/12), menyita 44 mortir aktif. Barang bukti ditemukan di muara kawasan Perkampungan Nelayan, Kelurahan Bagan Deli, Medan, Sumatra Utara. Komandan Detasemen Intel Kodam I Bukit Barisan Letnan Kolonel Ahmad Rizal Ramdani mengatakan, mortir jenis proyektil meriam berdiameter 76 milimeter dan berdaya ledak tinggi.

Barang bukti yang ditemukan didata dan kemudian diserahkan kepada Kepolisian Resor Kepolisian Pengamanan Pelabuhan dan Pantai (Polres KP3) Belawan. Direncanakan dalam waktu dekat mortir ini akan dimusnahkan dengan cara diledakkan di tepi Pantai Belawan.

Penemuan mortir sisa Perang Dunia II menghebohkan ratusan warga setempat. Apalagi beberapa hari sebelumnya warga sempat mendengar beberapa kali ledakan besar dari lokasi penemuan mortir. Bahkan ledakan sempat menggetarkan rumah warga di tepi muara.

Berdasarkan data polisi, dalam dua bulan terakhir sedikitnya empat kali kasus penemuan mortir di lokasi Medan Belawan. Total mencapai 90 unit mortir.(AIS/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini