Sukses

Dinas Pemakaman DKI Temukan 376 Makam Diduga Fiktif

Djafar menjelaskan, indikasi adanya makam fiktif diketahui dari adanya warga yang sengaja memesan untuk makam sanak keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas (Kadis) Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin menduga ada ratusan makam fiktif di sejumlah Taman Pemakaman Umum (TPU) DKI Jakarta.

Hal tersebut diketahui setelah pihaknya membongkar makam di sejumlah TPU di Jakarta. "Sejak penertiban makam fiktif Jumat lalu, sudah ditemukan 376 makam yang diduga fiktif," kata Djafar di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016).

Djafar menjelaskan, indikasi adanya makam fiktif diketahui dari warga yang sengaja memesan makam untuk sanak keluarganya jika sudah meninggal nanti.

"Indikasinya adalah pesanan. Suami berada di makam sini, istrinya pesan di sebelahnya. Ada gundukan tapi isinya enggak ada," ucap dia.

Djafar mengungkapkan, setelah dicek di beberapa TPU, total keseluruhan makam fiktif yang telah dibongkar ada 53 petak. Dan saat ini pengecekan makam fiktif masih terus ditelusuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini