Sukses

Ini Komposisi Regu Tembak Eksekusi Mati Jilid III

Regu tembak Polri telah personel jika jumlah terpidana mati bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Regu tembak Polri untuk eksekusi mati jilid III sudah berada di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka bersiap melakukan eksekusi mati Jumat 29 Juli 2016 dini hari nanti.

"Untuk persiapan, Polda Jawa Tengah sudah siap membantu eksekutor untuk melaksanakan eksekusi terhadap narapidana. Sudah disiapkan hampir 300 personel untuk eksekusi," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di kantornya, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Menurut dia, 300 personel itu akan mengawal, mengamankan dan mengeksekusi terpidana mati.

"Sudah ada di Nusakambangan dan di sekitar Nusakambangan. Sudah di Cilacap, Purwokerto, karena ini bagian dari kesiapsiagaan dari Polri dalam hal melakukan tindak lanjut jaksa sebagai eksekutor," imbuh Martinus.

Sementara, komposisi regu tembak untuk setiap satu terpidana mati berjumlah 10-12 personel. Artinya, jika terpidana yang akan dieksekusi berjumlah 14 terpidana mati, total tim eksekutor berjumlah 140-160 personel.

"Masing-masing satu orang (terpidana mati) ada 10-12 personel, sehingga 14 (terpidana mati)  tinggal 12 dikali 14 yang ikut dalam melakukan regu tembak," ujar Martinus.

Dia juga menyatakan Polri siap menambah personel jika jumlah terpidana mati bertambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.