Sukses

11 Makam Fiktif Ditemukan di TPU Menteng Pulo Jaksel

Praktik curang dengan membuat makam fiktif itu diperkirakan sudah berlangsung sejak 2015.

Liputan6.com, Jakarta Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan kembali membongkar makam fiktif. Kali ini, sebanyak 11 makam fiktif di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan dibongkar.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan Muhammad Iqbal menduga, ada 14 makam fiktif di TPU tersebut. Namun baru 11 makam yang terbukti fiktif dan akhirnya dibongkar.

"Total dibongkar ada 11, diduga ada 14 makam fiktif," ujar Iqbal usai membongkar makam fiktif di TPU Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2016).

Praktik curang dengan membuat makam fiktif itu diperkirakan sudah berlangsung sejak 2015. Modus untuk mengelabui juga terbilang cukup cerdas, yakni dengan membuat gundukan dan nisan lazimnya kuburan asli lainnya.

Meskipun begitu, kata Iqbal, pihaknya tetap bisa mengidentifikasi mana saja makam yang diduga fiktif. Hal itu terkuak setelah dilakukan pengecekan data makam dan ahli waris beserta Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM).

"Yang pertama, nisan ada, gundukan ada, IPTM ada, tapi mayat kagak tahu. Empat indikator itu kita pakai (untuk mengecek). Indikator sampai ketahuan di IPTM-nya (kalau makamnya fiktif) dan data," jelas dia.

Sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan juga telah membongkar 10 makam fiktif di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Cilandak, Rabu 27 Juli 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.