Sukses

Eksekusi Mati Digelar Malam Ini?

Satu lagi tanda eksekusi mati tinggal dalam hitungan hari, jam, bahkan menit.

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung telah merampungkan segala persiapan eksekusi mati di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Satu lagi tanda eksekusi mati tinggal dalam hitungan hari, jam, bahkan menit.

Sumber Liputan6.com menyebut eksekusi mati dilaksanakan Kamis (28/7/2016) malam. Itu artinya, eksekusi mati dalam hitungan jam.

"Eksekusi mati Kamis malam," sebut sumber tersebut, Jakarta, Selasa 26 Juli 2016.

Kejaksaan Agung belum mengonfirmasi hal tersebut. Namun, Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan para terpidana mati yang akan dieksekusi telah ditempatkan di ruang isolasi.

"Semua tahapan sudah kita lalui," kata Prasetyo Rabu 27 Juli 2016.

Termasuk, lanjut dia, pemenuhan aspek hukum para terpidana mati.

"Kalau tidak ada perubahan (minggu ini). Makanya saya harapkan semua pihak bisa memahami ini. Kita menyadari sementara ada pihak yang tidak sepaham, tapi bagaimana pun ini bukan satu pekerjaan yang menyenangkan tapi harus dilakukan," ujar Prasetyo.

Polisi pun telah melakukan simulasi pengamanan eksekusi mati jilid III, Rabu 26 Juli 2016.

Pengendali Pengamanan Ring I Lapas Nusakambangan Ajun Komisaris Besar Jhony A mengatakan, pengamanan eksekusi mati 14 terpidana mati berjumlah 616 yang terbagi menjadi dua ring.

"Ring pertama berjumlah 486 personel, dan ring kedua 130 personel," kata Jhony, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu 27 Juli 2016.

Jhony menjelaskan, pengamanan ring pertama terdiri dari 198 regu tembak, 140 regu kawal, 70 regu perlengkapan, 30 regu pengendali, dan 20 regu patroli.

"Ada juga regu sterilisasi yang berjumlah 16 personel dan pengawalan VIP 12 personel," jelas dia.
 
Selain personel pengamanan, polisi menyiapkan kendaraan pengamanan, yakni kendaraan taktis Baraccuda yang bersiaga di Pos Wijaya Pura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini