Sukses

Kesaksian Hanie soal Kopi Mirna yang Dipesan Jessica

Di hadapan majelis hakim, Hanie mengaku sebelum Mirna tewas, ia janjian dengan Jessica dan Mirna untuk makan malam.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis persidangan kasus kopi sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali menghadirkan Hanie Juwita Boon sebagai saksi. Hanie merupakan saksi kunci dalam kasus yang menewaskan Wayan Mirna Salihin itu.

Di hadapan majelis hakim, sebelum Mirna tewas, Hanie mengaku janjian dengan Jessica dan Mirna untuk makan malam.

"Saat itu kita datang, janjiannya kan makan malam pukul 18.30 WIB," kata Hanie saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Hanie mengaku tidak tahu-menahu mengenai close bill yang dilakukan Jessica hari itu. "Nah, saya enggak tahu kalau Jessica datang pagian. Saya juga enggak tahu dia close bill, ya karena mungkin mau ngobrol dulu atau gimana gitu," tutur Hanie.

Dalam sidang tersebut, Hanie kembali menjelaskan peristiwa yang terjadi di meja nomor 54 tersebut. Saat itu, dia bersama Mirna sempat menanyakan kepemilikan kopi di meja.

"Jadi awalnya kita datang, terus kita tanya 'eh ada kopi'. Terus Mirna nanya 'kopi siapa?' Nah, Jessica bilang 'kopi lu, kan lu pesen di Whatsapp'. Itu saya lihat kopinya sudah ada sedotannya. Mirna langsung bilang 'anyway thank you ya'. Dia langsung minum, terus dia bilang 'oh My God. This is so bad'," kata Hany menirukan ucapan Mirna.

Setelah itu, ucap Hanie, Mirna memintanya mencicipi kopi tersebut.

"Mirna langsung minum bilang kopinya enggak enak, aneh banget. Dia (Mirna) langsung minta 'cobain deh'. Setelah itu Jessica langsung berdiri minta air putih. Saya cicipi, rasanya enggak enak, aneh kaya lebih pahit dari minuman paling pahit dan panas," kata Hanie.

Sebagai penikmat kopi, Hanie mengatakan kopi yang diminum Mirna tidak enak, pedas, dan pahit. Bahkan setelah Hanie menyesap minuman lain, pahit kopi itu masih terasa.

"Saya sampai bilang ke Mirna, 'Mir pesen minuman yuk, ini enggak enak'. Namun nggak lama, peristiwa itu terjadi, Mirna waktu itu pucat, terus langsung kepalanya ke belakang. Reaksi kurang lebih 1 menit," kata Hanie. (Linus Sandi Satya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.