Sukses

Tugas Jokowi untuk Menko Polhukam Wiranto

Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Menko Polhukam baru menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Menko Polhukam baru menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Usai dilantik, Wiranto langsung diberi Sejumlah tugas oleh Jokowi. Dia diminta memaparkan reformasi hukum di berbagai bidang dalam waktu satu minggu.

"Saya minta Menko Polhukam Pak Wiranto untuk mulai mempresentasikan minggu depan, baik yang berkaitan dengan legislasi nasional dan di daerah," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Selain itu, Wiranto juga diminta membuat konsep reformasi aparat hukum, juga di bidang pendidikan dan kebudayaan. Jokowi menilai, tugas ini tidaklah sulit karena sudah mulai dirintis oleh Luhut Binsar Pandjaitan saat masih menjadi Menko Polhukam.

"Mungkin tambahan-tambahan lain juga bisa segera dirumuskan sehingga penegakan hukum, kepastian hukum di negara kita menjadi jelas. Saya kira sudah dirintis oleh Pak Luhut dan bisa dilanjutkan tahapan-tahapannya, timnya juga sudah ada," jelas Jokowi.

Tak hanya itu, penyelesaian konflik di Poso selepas tewasnya Santoso juga menjadi perhatian. Di samping tugas lain yang belum selesai, yakni pembebasan 10 WNI yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf.

"Berkaitan Poso dan sandera Filipina ditindaklanjuti terus hal-hal berkaitan dengan narkoba juga diteruskan," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet Jokowi-JK

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi