Sukses

Persiapan Belum Matang, Lokasi Eksekusi Mati Masih Misteri

Kejaksaan mengungkap jaksa eksekutor sudah tiba di Nusakambangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung terus mempersiapkan eksekusi mati tahap III. Namun, masih banyak yang belum rampung dari persiapan itu.

"Namanya persiapan itu ya tambal sulam, ada yang sudah terpenuhi ada yang belum inilah. Ya kan persiapan supaya mantap pelaksanaannya nanti," kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Noor Rochmad di kantornya, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Oleh karena itu, dia masih enggan mengungkap waktu pelaksanaan eksekusi mati jilid III. Juga tentang apa saja persiapannya. Termasuk, penentuan lokasi eksekusi mati di Nusakambangan.

"Kalau saya tidak bisa presentasekan. Saya kan belum ke lapangan jadi saya harus ke lapangan dulu," ujar Noor Rochmad.

Tetapi dia mengakui jaksa eksekutor sudah tiba di Nusakambangan. Notifikasi ke beberapa kedutaan besar pun sudah dilakukan terkait ada warga negara asing yang akan dieksekusi.

Sementara itu, Koordinator Lapas di Nusakambangan, Abdul Aris mengatakan lokasi eksekusi menjadi tanggung jawab kepolisian. Oleh karena itu, dia mengaku tidak mengetahui lokasi eksekusi.

"Itu polisi ya. Kami hanya membantu mengamankan terpidana. Lebih jelasnya bisa tanya ke yang punya gawe, Kejaksaan," ujar Abdul ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa 27 Juli 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.