Sukses

Terungkap di Persidangan, Kopi Mirna Bergeser dari Depan Jessica

Sidang kedelapan kasus pembunuhan berencana 'kopi sianida' terhadap Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso semakin seru.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang kedelapan kasus pembunuhan berencana 'kopi sianida' terhadap Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso semakin seru. Dalam sidang kali ini, majelis hakim memanggil sejumlah saksi dari pegawai Kafe Olivier dan memintanya melakukan reka adegan.

Peragaan serupa rekonstruksi ini dilakukan agar hakim bisa melihat secara faktual apa yang terjadi pada 6 Januari 2016 di Kafe Olivier saat itu. Beberapa saksi baru yang dihadirkan dalam peragaan ini yakni, Ahmar yang mengambil gelas Jessica, Sari pelayan lain, dan Rossi yang sempat melihat kopi berwarna seperti kunyit.

Juga dihadirkan ‎saksi-saksi yang sebelumnya pernah diperiksa untuk dikonfrontir, antara lain Marlon Alex Napitupulu yang bertugas mengantarkan dua gelas cocktail serta Agus Triono yang mengantarkan pesanan es kopi Vietnam.

Dalam reka adegan itu, terungkap bahwa es kopi Vietnam yang sebelumnya diletakkan di hadapan Jessica oleh Agus berpindah posisi. Pergeseran gelas kopi itu terjadi sebelum Mirna dan rekannya Hani alias Juwita Boon tiba di meja nomor 54 kafe tersebut.

"Pas saya datang, saya ngobrol menanyakan bagaimana rasa cocktail-nya. Jessica bilang enak, enggak ada masalah. Kemudian saya ambil gelas cocktail Sazerac-nya karena sudah habis," ucap Ahmar dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Ahmar menjelaskan, saat itu es kopi Vietnam berada di sebelah kanan Jessica, bukan berada di depannya. Es yang tercampur dengan susu juga sudah mulai mencair. Kesaksian Ahmar juga diperkuat dengan pernyataan Marlon yang melihat posisi gelas es kopi Vietnam sudah berada di sisi kanan Jessica saat mengantar cocktail.

"Saya lihat di meja posisi gelas es kopi Vietnam itu di tengah (kanan Jessica) dan cocktail Old-Fashioned (untuk Hani) di pinggir (kanan).‎ Cuma kalau sedotannya tidak lihat," kata dia.

‎Sementara ketika Marlon mengantarkan dua jenis cocktail di hadapan Jessica, ‎posisi es kopi Vietnam berada di sebelah kanan atau paling ujung. "Saya taruh minuman tanya Jessica dulu, ini mau ditaruh di mana, jadi bukan saya yang langsung taruh," ungkap Marlon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.