Sukses

VIDEO: Desa Pemuteran, Paduan Keindahan Pantai dan Pegunungan

Pemuteran dinobatkan sebagai salah satu 10 tujuan wisata terbaik tahun ini oleh buku panduan perjalanan ternama Lonely Planet.

Liputan6.com, Buleleng - Saat berwisata, terkadang kita dihadapkan ingin menikmati suasana pantai atau pegunungan. Jika anda berwisata ke Desa Pemuteran, Buleleng, Bali, Anda tak perlu memilih karena Anda bisa mendapatkan keduanya. Tak heran, Pemuteran dinobatkan sebagai salah satu 10 tujuan wisata terbaik tahun ini oleh buku panduan perjalanan ternama Lonely Planet.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (27/7/2016), menempuh perjalanan tiga hingga empat jam dari Denpasar, wisatawan mulai mendapati suasana asri desa Pemuteran.

Berbeda dengan kawasan wisata Kuta yang cenderung ramai dengan hiruk pikuk wisatawan, kawasan wisata yang terletak di sebelah barat laut pulau Dewata ini cenderung sepi dan tenang. Wisatawan bisa menikmati pantai dengan ombak tenang. 

Bagi yang mencari pemandangan alam bawah laut, pantai Pemuteran menyimpan terumbu karang artificial biorock terlengkap.

Bukan hanya pantai, wisatawan langsung disajikan hamparan hijau bentang alam dengan latar belakang pegunungan. Desa Pemuteran juga memiliki sejumlah pura sebagai wisata religi.

Pantai Pemuteran awalnya pantai nelayan yang kumuh dengan terumbu karang yang rusak karena bom ikan dan menjadi tempat MCK warganya. Mulai tahun 1989, Agung Prana, salah satu nelayan mengedukasi teman-temannya hingga kawasan ini menjadi objek wisata menarik.

Tahun ini, buku panduan perjalanan, Lonely Planet menempatkan Pemuteran sebagai salah satu dari 10 tujuan wisata terbaik di Asia. Pemuteran dianggap sejajar dengan lokasi wisata lain seperti Hokkaido-Jepang, Pulau Condao-Vietnam, Pulau Trang-Thailand, Meghalaya-India dan Taitung-Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.