Sukses

Ini Isi Pembicaraan Staf Ahok dan Sanusi Soal Reklamasi

Sunny mengenal Sanusi saat Ahok masih tergabung dengan Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Sunny Tanuwidjaja, staf Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membeberkan pembicaraan terkait reklamasi antara dirinya dengan tersangka kasus suap reklamasi M Sanusi. Sunny mengaku tak pernah bertemu langsung membicarakan keluhan pengembang kepada Sanusi. Komunikasi dilakukan melalui telepon.

"Menemui tidak. Telepon iya, Pak Sanusi, yang lain tidak. Kebanyakan saya yang tanya ke Beliau," ujar Sunny di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/7/2016).

Dia mengaku sering menghubungi dan berkonsultasi ke M Sanusi karena dianggap paling mengerti secara teknis masalah reklamasi. Sunny mengenal Sanusi saat Ahok masih tergabung dengan Partai Gerindra dan masih menjabat sebagi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012.

"Karena Beliau yang paling mengerti secara teknis. Karena sejak 2012, dia kan Gerindra datang ke Wagub, ngobrol  perkembangan pembangunan. Saya pribadi jadi tahu dia yang paham masalah. Saya berasumsi Beliau sangat tahu," ucap Sunny di depan para hakim.

Isi pembicaraan lebih banyak keluhan dan usulan dari pengembang yang banyak diterima oleh Sunny. Keluhan itu disampaikan Sunny kepada Sanusi karena dinilai cukup paham teknis reklamasi.

"Usulan dari pengembang bagaimana proses saat seseorang beli lahan melalui pemda. Kalau begitu banyak lahan dijual dari Pemda akan lambat sekali. Saya tanyakan itu ke Beliau," ujar Sunny.

"(Sanusi jawab) Usulkan terlalu teknis jangan di Perda tapi Pergub, saya bilang Bapak (Sanusi) saja yang usul ke pengembang," tutur Sunny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini