Sukses

Setnov: Golkar Dukung Jokowi Tanpa Syarat di Pilpres 2019

Setya Novanto menegaskan, Golkar mendukung Jokowi murni karena memang partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengungkapkan komitmen partainya untuk mendukung Joko Widodo atau Jokowi pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Dukungan tersebut sudah menjadi suatu niat yang diprakarsai oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I bersama DPD tingkat II Golkar di seluruh Indonesia.

"Komitmen Partai Golkar untuk mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 sudah merupakan suatu niat, yang sudah diprakarsai DPD I di seluruh Indonesia bersama DPD tingkat II," ujar pria yang karib disapa Setnov usai menjadi pembicara di Gedung BPK RI, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Namun meski begitu, dia mengaku perlu ada suatu proses yang nantinya akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar. "Dalam rakernas akan kita kukuhkan, kita dukung Presiden RI Bapak Jokowi di 2019," ucap Setnov.

Mantan Ketua DPR ini menegaskan, dukungannya kepada Jokowi tanpa syarat apapun. Semuanya murni karena memang Partai Golkar mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita minta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa ini yang akan dilakukan tidak ada syarat apa-apa, karena Partai Golkar melihat dukungan ini suatu hal yang menjadi evaluasi berkali-kali dari Partai Golkar, sehingga kita putuskan bersama dan tentu akan benar-benar sahnya saat di Rapimnas nanti," papar Setnov.

Dia menepis bentuk dukungan ini sebagai bentuk timbal balik dari Jokowi yang saat ini sedang mempersiapkan reshuffle (perombakan) Kabinet Kerja Jilid II.

"Tidak ada persyaratan apapun, baik pertemuan-pertemuan saya secara resmi maupun berkonsultasi dengan Presiden. Kami tidak pernah bicarakan persyaratan-persyaratan karena itu adalah hak prerogatif Pak Presiden," terang dia.

"Kita komitmennya Partai Golkar tidak pernah berubah, karena komitmen Partai Golkar harus memberikan arti karena suara Golkar suara rakyat, suaranya rakyat kepada Pak Jokowi, ya tentu Partai Golkar mendukung suara rakyat," Setnov menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.