Sukses

TPU Petamburan: Tidak Ada Makam Fiktif, yang Ada Kedaluwarsa

Pengelola TPU Petamburan membantah ada makam fiktif di area yang merek kelola.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Tempat Pemakaman Umum (TPU) Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ihsan Rofiq Sunuri, membantah adanya makam fiktif seperti disebutkan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.  

Kepada Liputan6.com, Ihsan mengatakan, pihaknya telah melayangkan 20 nama makam yang hingga saat ini belum jelas identitasnya. Makam-makan tersebut adalah makam yang tidak diurus ahli waris atau tidak diperpanjang.

"Kita sudah usulkan sekitar 20 indikator makam yang secara fisik identitas tidak jelas, tapi setelah dicek di buku register ternyata di situ bukan makam fiktif, tapi makam yang sudah kedaluwarsa yang tidak diperpanjang oleh ahli warisnya," jelas Ihsan.

Ihsan mengatakan, ada dua makam di TPU Petamburan yang tidak jelas identitasnya. Pertama adalah makam yang berupa gundukan rumput tanpa nisan dan masih diurus ahli waris, dan kedua adalah makam lengkap dengan nisan yang tidak diperpanjang per periode 3 tahun oleh ahli waris.

"Kalau untuk makam fiktif sih nggak ada ya," Ihsan menegaskan.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Djafar Muchlisin sebelumnya mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara yang didapatkan pihaknya, terdapat 10 makam fiktif di TPU Petamburan. Sementara jumlah mencegangkan diperoleh pihaknya di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Sementara ditemukan ada 160 makam. Nanti kita akan kembangkan lagi untuk wilayah lainnya," kata Djafar (Winda Prisilia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.