Sukses

Mendagri: Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Lebih Baik

Mendagri mengatakan pencegahan kebakaran di hutan dan lahan harus dilakukan sejak api masih kecil agar tidak meluas.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hutan dan lahan di Riau terbakar. Namun, kebakaran segera teratasi. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, menilai penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau jauh lebih baik dibandingkan provinsi lain, seperti Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Ini tidak terlepas dari keseriusan pemerintah Provinsi Riau, BPBD, kepolisian, TNI, termasuk serta swasta," kata Tjahjo, di Jakarta, Minggu 24 Juli 2016 seperti dilansir Antara.

Pada Sabtu 23 Juli 2016, dia melihat pelaksanaan dan kesiapan Program Desa Bebas Api dari PT Riau Andalan Pulp and Paper, di Pangkalan Kerinci, Riau, yang didampingi Gubernur Riau, Arsyadjualiandi Rachman, beserta Muspida Riau.

Menurut dia, pencegahan kebakaran di kawasan perkebunan dan lahan masyarakat harus dilakukan sejak api masih kecil agar tidak meluas.

Sementara itu Gubernur Rachman mengatakan penanggulangan karhutla harus dilakukan semua pihak dan tidak boleh berhenti.

Dia mewajibkan perusahaan-perusahaan di Riau aktif menjaga dan bertanggung jawab menjaga konsesi dan daerah sekitarnya dari kebakaran.

"Perusahaan harus siaga dan bertanggung jawab jika terjadi kebakaran," ujar Rachman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.