Sukses

Jokowi: Jangan Lengah Awasi Pertumbuhan Anak dengan Kasih Sayang

Jokowi mengatakan, akhir-akhir ini terungkap banyak kasus kekerasan terhadap anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Anak Nasional. Dia mengatakan, anak-anak adalah masa depan. Mereka harus dididik dan tumbuh dengan gembira.

Pada akun instagram Jokowi yang dikutip Liputan6.com pada Sabtu (23/7/2016), dia mengatakan, akhir-akhir ini terungkap banyak kasus kekerasan terhadap anak-anak yang memprihatinkan.

"Sungguh peristiwa-peristiwa itu membuat hati kita miris. Semoga kita tidak pernah lengah memperhatikan dan mengawasi pertumbuhan mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang," kata Jokowi.

Dia mengatakan, dengan demikian, impian dan cita-cita mereka tercapai. "Keberhasilan kita mengasuh dan mendidik anak-anak sangat memengaruhi masa depan Indonesia," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengatakan, banyaknya kasus kekerasan seksual pada anak membuat pemerintah menjadikan tindak kejahatan itu dalam kategori kejahatan luar biasa.

"Adanya peningkatan kasus ini belum memberikan efek jera sehingga perlu pemberatan sanksi pidana, bukan hanya sanksi pidana pokok tapi juga pidana tambahan untuk melindungi hak anak," ujar Yohana dalam rapat kerja dengan Komisi VIII di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 21 Juli 2016.

Menurut dia, atas dasar itu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang materinya mengubah pasal sanksi bagi pelaku kejahatan seksual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini