Sukses

VIDEO: Transfer Pengetahuan dari Pekerja Asing Terkendala Bahasa

Padahal, transfer pengetahuan inilah yang diinginkan terjadi dari setiap investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Liputan6.com, Batam - Anggota Komisi IX DPR RI berkunjung ke PLTU Tanjung Kasam di Punggur, Batam, Kepulauan Riau. Dalam kunjungan ini terungkap bahwa jumlah pekerja asing asal China yang bekerja di PLTU tersebut cukup besar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (22/7/2016), sedikitnya ada 100 pekerja asing asal China yang rata-rata bekerja sebagai pekerja administrasi, maintenance serta engineering. Mereka pun telah bekerja di PLTU itu sejak perakitan mesin PLTU tersebut dimulai.

PLTU Tanjung Kasam diketahui merupakan investasi asing asal China. Dari data yang diungkap perusahaan, perbandingan pekerja asing dan lokal di PLTU tersebut mencapai 1 banding 3.

Sebagiannya tak bisa berbahasa Inggris, apalagi bahasa Indonesia. Kondisi ini menurut anggota DPR menyulitkan transfer pengetahuan dan teknologi dari pekerja asing ke tenaga kerja lokal.

Padahal, transfer pengetahuan inilah yang diinginkan terjadi dari setiap investasi asing yang masuk ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.