Sukses

Kali Pesanggrahan Meluap, Permukiman di Ulujami Banjir 1 Meter

Kepala BPKP Danang Susanto mengaku pihaknya sudah mengevakuasi warga ke tempat lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Meluapnya kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, selain membuat sebagian wilayah di Ulujami, terendam banjir, juga berdampak tanggul penyangga kali jebol. Akibatnya, air setinggi 50 centimeter sampai 120 sentimeter menggenangi kawasan di RW 05.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Kota (BPBK), setidaknya ada 3 RT di RW 05 yang terendam banjir. Yaitu RT 10 sebanyak 19 rumah, RT 09 ada 20 rumah, RT 08 ada 10 rumah. Untuk ketinggian air terparah di RT 08/05 dan RT 09/05, dan yaitu antara 100 sentimeter sampai 120 sentimeter. Sedangkan di RT 10/05 ketinggian air mencapai 50 sentimeter sampai 80 sentimeter.

Kepala BPKP Danang Susanto mengaku pihaknya sudah mengevakuasi warga ke tempat lebih tinggi. Selain itu, beberapa kebutuhan juga sudah disiapkan.

"Dapur umum sudah didirikan di pengungsian. Makanan dan keperluan yang dibutuhkan oleh warga juga sudah disiapkan," ucap Danang ketika dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Namun, lanjut dia, sebagian warga masih memilih untuk tinggal di rumahnya dan tidak mau mengungsi di posko pengungsian.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi menginstruksikan aparat di bawahnya untuk menyedot air dengan pompa dari mobil penanggulangan kebakaran dan penyelamatan Jakarta Selatan. Disamping, dua pompa di wilayah Ulujami, Jakarta Selatan.

"Sudah saya suruh sedot menggunakan mobil pemadam. Agar air cepat bisa surut," tandas Tri Kurniadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.