Sukses

Menteri Luhut: Kondisi Politik Nasional Cukup Menggembirakan

Menteri Luhut mengungkapkan saat ini hubungan pemrintah dengan parlemen berjalan sangat baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Luhut Pandjaitan menyatakan bahwa iklim politik nasional saat ini berlangsung baik. Tak ada gejolak yang berarti dalam hubungan antarlembaga tinggi negara.

"Perkembangan politik Indonesia cukup menggembirakan. Hubungan Pemerintah dengan parlemen sangat baik," ucap Luhut di Kantor Gubernur Banten, Jumat (22/7/2016).

Luhut pun menjelaskan, baik hubungan parlemen dan pemerintahan tak datang tanpa sebab. Ini karena kedua pihak saling melengkapi dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

"DPR dan Pemerintah menyadari kekurangan masing-masing dan masih saling memperbaiki," ujar Luhut.

Kestabilan pemerintahan Jokowi-JK juga dinilai tak lepas dari merapatnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar ke pemerintahan Jokowi-JK. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) itu memutuskan mendukung Jokowi-JK pada 2 September 2015.

"Itu sebuah hal yang baik ya. Dengan adanya dukungan politik dari PAN, maka akan tercipta pemerintahan yang lebih stabil," kata Yenny Direktur Wahid Institut, Yenny Wahid, Senayan, Jakarta, Rabu 2 September 2015 malam.

Sedangan Golkar mendeklarasikan dukungannya kepada pemerintah Jokowi-JK usai menggelar Munaslub di Bali pada 17 Mei 2016. Setya Novanto selaku ketua umum Partai Golkar terpilih menyatakan Golkar akan bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan program-programnya.

Luhut Puji Rano

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga memuji kinerja Rano Karno selama menjadi Gubernur Banten sejak dilantik di Istana Negara, Jakarta, tahun 2014 silam. "Gubernur leadership cukup bagus," ujar Luhut.

Dirinya pun meminta Pilgub Banten 2017 mendatang, diharapkan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Sehingga masyarakat Banten di segala lapisan dapat ikut menikmati pesta demokrasi.

"Jika nanti tahun depan, bulan Februari, ada persaingan sah-sah saja, tapi jangan pakai kebencian, jangan pakai cara-cara jahat. Biarlah berdemokrasi dengan sehat," terang dia.

Pendiri Detasemen Gultor 81 Kopassus ini pun mengatakan, bahwa hingga kini belum ditemukan adanya ancaman keamanan maupun huru-hara jelang Pilgub Banten 2017.

"Saya belum melihat ada hal-hal yang belum baik," ujar Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.