Sukses

Barista Kafe Olivier Sebut Jessica Aneh Saat Pesan Kopi

Barista Kafe Olivier mengatakan close bill lebih dulu itu jarang dan mungkin tidak pernah dilakukan pelanggan di tempat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa penuntut umum (JPU) kembali menghadirkan saksi dari pihak Kafe Olivier dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana 'kopi sianida' dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Kali ini, saksi yang dihadirkan yakni Rangga Dwi Saputra, sang peracik kopi atau barista di kafe tersebut.

Rangga mengaku tidak tahu untuk siapa dia meracik es kopi Vietnam. Dia hanya membuat racikan itu berdasarkan pesanan yang tercetak dari kasir untuk meja nomor 54. Namun Rangga tak menampik sempat melihat Jessica berdiri di depan kasir.

Dia bahkan heran saat melihat Jessica close bill atau membayar terlebih dulu pesanannya sebelum dikonsumsi.

"Baru mau dibuat kopinya, terus dia (Jessica) langsung mau bayar," ujar Rangga dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016).

Rangga tahu jika Jessica membayar terlebih dulu pesanannya karena posisinya tidak jauh dari meja kasir. Dia sempat mendengarkan percakapan antara pegawai yang melayani dengan Jessica. Baginya, cukup aneh konsumen close bill lebih dulu, sementara pesanannya belum dikonsumsi, kecuali take away atau dibawa pulang.

"Tidak biasa. Biasanya konsumen makan dulu atau minum dulu, bayarnya nanti," tutur Rangga.

Sembari mendengarkan keterangannya, JPU memutar rekaman CCTV saat Jessica membayar es kopi Vietnam. Jessica membayar sebelum es kopi Vietnam selesai diracik Rangga.

Pada rekaman CCTV yang diputar, Jessica membayar es kopi Vietnam saat Rangga tengah memasukkan susu ke gelas kopi Mirna.

Pada sidang sebelumnya, runner alias pelayan yang mengantarkan Jessica ke meja kasir Kafe Olivier, Marlon Alex Napitupulu juga menyatakan kalau sikap yang dilakukan Jessica tidak biasa. Lantaran, Jessica lebih dulu membayar sebelum pesanan datang.

Marlon pun sempat bertanya pada Jessicca, "Kenapa langsung bayar kak, kan minumannya belum jadi? Dia bilang, 'Saya (Jessica) mau traktir teman-teman saya'."

Menurut dia, sikap Jessica itu hampir tidak pernah dilakukan para pelanggan Kafe Olivier. Close bill alias pembayaran biasanya terjadi saat konsumen selesai dan hendak meninggalkan kafe.

"Bukan standarnya sih, dia yang meminta untuk close bill. Kalau untuk close bill lebih dulu itu jarang dan mungkin tidak pernah," kata Marlon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini