Sukses

Jokowi Anugerahi Satyalencana ke Airin dan Ridwan Kamil

Airin mengatakan, penghargaan ini bukan hanya karena prestasinya, melainkan keberhasilan semua pelaku koperasi dan UKM di Kota Tangsel.

Liputan6.com, Jambi - Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi menganugerahi Satyalencana Pembangunan Koperasi kepada 10 pimpinan daerah. Pemberian penghargaan ini dalam rangka peringatan ke-69 Hari Koperasi Nasional di Jambi.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar merupakan dua di antara 10 pimpinan daerah yang menerima anugerah tersebut.

Penghargaan tertinggi ini diberikan langsung oleh Jokowi, atas peran pimpinan daerah dalam memperdayakan pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan koperasi yang ada di wilayahnya.

Selain Airin dan Ahmed, penerima penghargaan ini yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Jambi Pasha 'Ungu', dan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Airin mengatakan, penghargaan ini bukan hanya karena prestasinya, melainkan keberhasilan semua pelaku koperasi dan UKM di Kota Tangsel.

"Ini juga menjadi tantangan bagi kita di Tangsel untuk lebih meningkatkan kualitas produk, pemasaran, permodalan, serta skill pelaku UKM dan koperasinya," kata Airin usai menerima penghargaan di Jambi, Kamis (21/7/2016).

Menurut Airin, hingga kini tercatat ada 50 ribu pelaku UKM yang aktif di Kota Tangsel. Untuk mengembangkan produknya, mereka bergabung dalam 550 koperasi yang ada di wilayah tersebut.

Untuk itu, kata Airin, pihaknya akan memaksimalkan ribuan pelaku UKM, dengan membangun gedung pusat inkubator pada September mendatang.

Pusat inkubator, lanjut dia, akan diasistensikan dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Kota Dejon, serta Universitas Chung Nam di Korea Selatan.

"September ini kita tanda tangani MoU-nya, setelah itu Kota Dejon dan Chung Nam University akan membantu kita dalam mengembangkan pelaku UKM di Tangsel," pungkas Airin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.