Sukses

Warga Mentawai Berjatuhan Diguncang Gempa

Warga Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, sempat berjatuhan di luar rumah akibat gempa berkekuatan 6,1 skala Ritcher di wilayah itu, Rabu pagi. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

Liputan6.com, Padang: Warga Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, sempat berjatuhan di luar rumah akibat gempa berkekuatan 6,1 skala Ritcher di wilayah itu, Rabu pagi (23/12) pukul 08.11 WIB. "Kami berjatuhan dan tidak bisa berdiri dengan kokoh, karena guncangan gempa yang dirasakan cukup kuat," kata Matheus Munthe, warga Desa Munthe, 5 km dari Kecamatan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, seperti dilansir ANTARA.

Saat ini, kata Munthe, sebagian besar warga masih berada di luar rumah dan berdiri di jalan-jalan raya. Menurutnya, warga khawatir terjadi gempa susulan.

"Belum ditemukan warga yang menjadi korban dan bangunan rumah tidak ada yang rusak," tambah Munthe. "Kami berharap warga yang berada di ladang-ladang tidak terjadi apa-apa dengan mereka."

Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah Mentawan dan sekitarnya pada pukul 08.11 WIB. Badan Meteologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa berpusat di 1.48 LS - 99.33 BT, atau 56 km Tenggara Siberut-Mentawai, Sumbar, dengan kedalaman 10 kilometer [baca: Gempa Susulan 6,1 SR Guncang Mentawai].

Menurut laporan BMKG, gempa susulan terjadi pada pukul 08.47 WIB yang berpusat di 46 kilometer arah Tenggara Siberut, Mentawai dan kedalam 25 km di bawah laut [baca: Gempa Susulan 5,3 SR Guncang Mentawai].(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini