Sukses

Rizal Ramli: Ahok Itu Gubernur atau Karyawan Pengembang?

Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan harusnya Ahok bersyukur masalah reklamasi teluk Jakarta diambil alih pemerintah pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli bingung dengan sikap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang ngotot terkait reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta.

"Harusnya Ahok bersyukur masalah ini diambil alih pemerintah. Saya juga bingung kenapa dia ngotot, dia Gubernur DKI atau karyawan pengembang?" kata Rizal di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Dia menuturkan, ada tiga alasan reklamasi Pulau G tidak dilanjutkan. Pertama, reklamasi mengganggu arus lalu lintas kapal nelayan tradisional yang jumlahnya ratusan ke Muara Angke.

"Kedua, ada jaringan pipa gas. Aturan internasional dan aturan dari pemerintah itu, kalau ada jaringan pipa gas di bawah laut, 500 meter kiri kanan itu harus tidak boleh ada struktur," jelas Rizal.

Alasan ketiga, ada pembangkit listrik di Muara Karang. Air laut pun dimanfaatkan sebagai cooling system. Bila reklamasi jalan, dikhawatirkan tidak bisa meredam suhu panas dari pembangkit listrik tersebut.

Oleh karena tiga alasan itu, pria yang dikenal dengan jargon Rajawali Ngepret ini yakin penghentian reklamasi sebagai jalan terbaik.

"Satu menteri saja sudah cukup untuk menghentikan, Menteri Lingkungan Hidup misalnya, atau Menteri Kelautan. Nah ini tiga menteri dan satu menko (sepakat penghentian reklamasi)," Rizal menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini