Sukses

Pasukan Berkuda Sambut PM Selandia Baru di Istana Merdeka

Ratusan pelajar SMA dan SMP juga tampak menyambut dengan kibaran bendera kecil RI dan Selandia Baru

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri Selandia Baru John Key di Istana Merdeka, sore ini. Key disambut dengan dentuman meriam sebanyak 19 kali dan lagu kebangsaan kedua negara.

Pantauan Liputan6.com, di lokasi, Senin (18/7/2016), kirab oleh pasukan berkuda dan Pasukan Nusantara dari Monas menuju halaman depan Istana Merdeka, turut memeriahkan acara.

Tidak hanya itu, ratusan pelajar SMA dan SMP juga tampak menyambut dengan kibaran bendera kecil RI dan Selandia Baru saat mobil PM Selandia Baru memasuki area istana.

Dalam kunjungan ini, kedua negara akan fokus membahas kerja sama ekonomi dan pemberantasan terorisme.

Menteri yang mendampingi Jokowi, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menlu Retno Marsudi.‎

Kedatangan Key ke Indonesia kali ini merupakan Kunjungan keduanya sejak menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada 2008 lalu. Kunjungan pertama berlangsung pada 2013. PM John Key mengatakan, Indonesia adalah mitra penting bagi perdagangan negaranya.

"Indonesia memiliki peluang yang diakui siapapun. Salah satunya, populasi generasi muda yang besar," kata PM Key dalam sambutannya dalam acara Business Forum: New Zealand and Indonesia: Patner in an integrating region, Senin (18/7/2016).

Populasi generasi muda tersebut menjadi potensi pasar yang luar biasa bagi produk-produk yang dihasilkan perusahaan domestik maupun luar negeri, termasuk Selandia Baru.

Tak hanya perdagangan, Selandia Baru dan Indonesia juga menjalin hubungan kerja sama di bidang pendidikan, energi terbarukan, teknologi tinggi, penerbangan, juga pariwisata.

"Setiap tahunnya banyak warga Selandia Baru mengunjungi Indonesia, khususnya Bali," kata dia. Para wisatawan datang untuk menikmati pemandangan indah, kuliner, juga budaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.