Sukses

Kali Baru Meluap, Jalan Bojonggede-Depok Tergenang

Antrean panjang kendaraan pun tampak di seputar Kantor Kecamatan Bojonggede hingga perbatasan Kecamatan Citayam.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat, Minggu siang mengakibatkan Jalan Raya Bojonggede-Depok tergenang banjir. Ketinggian air mencapai 30-50 centimeter.

Akibatnya, arus lalu lintas di sepanjang jalan itu macet. Sebab, kendaraan dari Cilebut yang mengarah ke Citayam dan Depok, maupun arah sebaliknya harus melajuk dengan kecepatan rendah.

Hingga pukul 16.30 WIB, air belum juga surut. Antrean panjang kendaraan pun tampak di seputar Kantor Kecamatan Bojonggede hingga perbatasan Kecamatan Citayam.

"Hujannya deras dari siang membuat Kali Baru meluap dan mengakibatkan jalan ini banjir," kata Arif Rahman, warga Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Minggu (17/7/2016).

Arif mengatakan, banjir juga merendam sejumlah rumah warga yang berada di sekitar Jalan Raya Bojonggede-Depok itu. "Rumah-rumah yang ada di dekat jalan raya pun ikut terendam air, tapi cuma sampai halamannya saja," kata dia.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksomo mengatakan, luapan air Kali Baru menyebabkan ruas jalan Bojonggede-Depok tergenang dan sejumlah rumah di sekitar jalan pun ikut terendam.

"Tapi tidak parah. Air lewat saja," kata Budi.

Meski demikian, ia mengimbau warga sekitar bantaran Kali Baru untuk tetap waspada karena curah hujan di Bogor khususnya di hulu masih cukup tinggi.

"Selama musim hujan ini wilayah itu sering banjir akibat meluapnya Kali Baru dan tanggul jebol," kata Budi.

Sementara itu, untuk mengurai kemacetan, warga sekitar tampak mengatur arus lalu lintas di kawasan itu. Terpantau pada pukul 18.15 WIB, genangan mulai surut di beberapa titik ruas jalan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini