Sukses

Jokowi: Sekarang Bisa Lihat Pergantian Pasukan Jaga Istana

Proses pergantian pasukan jaga Istana akan digelar setiap bulan pada minggu kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian pasukan jaga Istana Kepresiden menjadi kegiatan rutin Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Akan tetapi, pergantian yang bisa dilihat masyarakat umum baru kali pertama digelar. Presiden Jokowi pun menyeru warga agar datang menyaksikan seremoni yang digelar setiap bulan pada minggu ke dua tersebut.

"Sekarang kita bisa melihat pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Ayo ke istana hari Minggu ke-2 jam 8 -Jkw," tulis Presiden Joko Widodo dalam akun twitter @jokowi yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Minggu (17/7/2016).

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjend TNI Bambang Suswantono menyatakan, kegiatan ini merupakan kali pertama masyarakat bisa menyaksikan proses pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Sebelumnya, pergantian setiap bulan di minggu ke dua itu berlangsung tertutup.

"Sesuai petunjuk dan arahan dari bapak Presiden, bagaimana di luar negeri pasukan jaga istana serah terima disaksikan oleh banyak masyarakat," ujar Danpaspampres Mayjend TNI Bambang Suswantono di depan Istana Negara, di Jalan Merdeka Utara.

Bambang melanjutkan, ini juga upaya untuk mendekatkan Istana dengan masyarakat.

Proses pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. (@jokowi)

"Kita tunjukkan mereka bisa berfoto bersama dengan anggota Paspampres yang selama ini kelihatan garang, dan tak bersahabat dengan masyarakat, sekarang mereka bisa berfoto dengan Paspampres," jelas Bambang.

Warga yang mendapatkan momen perdana itu tak menyia-nyiakan kesempatan untuk selfie, berfoto dan menonton proses pergantian penjaga istana yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu.

"Pengin tahu seremonial pergantiannya kayak bagaimana, kita belum pernah tahu selama ini kayak apa prosesnya," kata Amira (20) warga Tebet yang datang bersama Ibu dan Abangnya.

Saat proses pergantian selesai, petugas jaga yang baru tak langsung meninggalkan jalan di depan Istana Merdeka. Mereka istirahat di tempat dan membiarkan warga mendekat dan berfoto di sela-sela barisan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.