Sukses

Atraksi Pergantian Pasukan Jaga Istana Bikin Warga Penasaran

Pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan kini menjadi objek atraksi wisata baru bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan kini menjadi objek atraksi wisata baru bagi masyarakat. Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Menurut Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjend TNI Bambang Suswantono, ini merupakan kali pertama masyarakat bisa menyaksikan proses pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Sebelumnya, pergantian setiap bulan di minggu ke dua itu berlangsung tertutup.

"Sesuai petunjuk dan arahan dari bapak Presiden, bagaimana di luar negeri pasukan jaga istana serah terima disaksikan oleh banyak masyarakat," ujar Danpaspampres Mayjend TNI Bambang Suswantono di depan Istana Negara, di Jalan Merdeka Utara, Minggu (17/7/2016).

Bambang melanjutkan, ini juga upaya untuk mendekatkan Istana dengan masyarakat.

"Kita tunjukkan mereka bisa berfoto bersama dengan anggota Paspampres yang selama ini kelihatan garang, dan tak bersahabat dengan masyarakat, sekarang mereka bisa berfoto dengan Paspampres," jelas Bambang.

Serah terima pasukan penjaga baru dengan penjaga lama itu berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Puluhan warga sempat ragu-ragu mendekati Istana.

"Ayo Bu, boleh kok di rumput saja, jangan di seberang jalan, nanti enggak kelihatan," ujar salah seorang Paspampres berbaju batik, ia mengajak warga yang heran ada apa di depan Istana.

Saat komandan regu melakukan pengecekan senjata, mereka menunjukkan atraksi lempar senjata. Sontak puluhan warga yang mendekat bertepuk tangan, kala senjata SS 1 itu melayang di udara dan ditangkap dengan cekatan oleh para penjaga.

Warga yang mendapatkan momen perdana mendekati penjaga Istana bersenjata itu, tak menyia-nyiakan kesempatan untuk selfie, berfoto dan menonton proses pergantian penjaga istana yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu.

"Pengin tahu seremonial pergantiannya kayak bagaimana, kita belum pernah tahu selama ini kayak apa prosesnya," kata Amira (20) warga Tebet yang datang bersama Ibu dan Abangnya.

Saat proses pergantian selesai, petugas jaga yang baru tak langsung meninggalkan jalan di depan Istana Merdeka. Mereka istirahat di tempat dan membiarkan warga mendekat dan berfoto di sela-sela barisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini