Sukses

Anggota DPR Ini Sebut Menkes Lamban Tangani Kasus Vaksin Palsu

Seharusnya Satgas langsung memberikan penjelasan kepada pasien di 14 rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang menggunakan vaksin palsu.

Liputan6.com, Jakarta Kerja Satuan Petugas (Satgas) penanggulangan vaksin palsu yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dinilai lambat karena kurang tanggap menjalankan rekomendasi Komisi IX DPR. Rekomendasi itu salah satunya adalah memberikan penjelasan langsung kepada masyarakat terkait vaksin palsu. Khususnya kepada orangtua korban vaksin palsu.

"Kementerian Kesehatan saya kira bekerja agak lambat. Hari ini baru mau menurunkan timnya ke 14 rumah sakit," singgung anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay saat diskusi mingguan bertema 'Jalur Hitam Vaksin Palsu', di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/7/2016).

Ia menyesalkan para orangtua yang anaknya menerima vaksin palsu, justru mendapatkan penjelasan dari rumah sakit. Saleh khawatir, jika dijelaskan oleh pihak Rumah Sakit dan bukan oleh Satgas yang sebenarnya, akan timbul polemik baru.

"Semestinya mereka sudah punya planning jelas dan perencanaan yang jelas," ucap dia.

Saleh meminta Satgas menurunkan timnya ke 14 rumah sakit yang terindikasi menggunakan vaksin palsu, dan memberi penjelasan langsung ke masyarakat terkait dampak vaksin palsu.

"Pemerintah yang harusnya hadir di situ dan Bareskrim juga menjelaskan. Saya berharap Bareskrim juga untuk tetap mengawal lagi," pungkas Saleh.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda Sitanggang mengatakan, mulai hari ini 5 tim Satgas Penanganan Vaksin Palsu akan diturunkan untuk mendatangi 14 rumah sakit yang menggunakan vaksin palsu.

Dikarenakan sedikitnya tim yang turun ke lapangan, Maura pun tak berjanji kalau hari ini dapat selesai.
"Kita siap untuk melakukan itu (pengecekan ke RS), hari ini mulai bisa kita lakukan. Ada 5 tim dari Kemenkes yang akan ke rumah sakit," ujar Maura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini