Sukses

Jokowi Turun Tangan Sosialisasikan Tax Amnesty

Jokowi ingin mendapat kepercayaan para pengusaha terkait kebijakan Tax Amnesty.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan bertolak ke Surabaya, Jawa Timur, sore nanti. Di sana, ia akan mensosialisasikan Tax Amnesty atau kebijakan pengampunan pajak.

"Dipimpin secara langsung oleh Presiden untuk melakukan dan meyakinkan bahwa pemerintah dalam persoalan Tax Amnesty dilakukan secara terbuka, transparan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di kantornya, Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Rencananya sosialisasi akan dilaksanakan di Convention Hall Grand City Surabaya Convex, pukul 19.30 WIB. Jokowi bertolak dari Jakarta pukul 15.00 WIB.

Pramono menuturkan, sosialisasi tidak akan dilakukan sekali saja, tapi berkali-kali. Menurut dia, Jokowi ingin mendapat kepercayaan para pengusaha terkait kebijakan ini.

"Juga akan dilakukan di beberapa kota-kota besar lain yang di mana tingkat businessman atau tingkat usahanya tinggi," jelas dia.

"Supaya mereka tidak lagi ragu-ragu. Pemerintah sama sekali tidak ingin seperti yang dikhawatirkan beberapa kelompok bahwa ini bisa menjadi trapped atau jebakan," tambah Pramono.

Terkait dengan adanya niat sejumlah pihak yang mau melayangkan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi, Pramono mempersilakan. Sebab, sebagai negara demokrasi, tidak bisa melarang hak seseorang untuk menggugat. Pemerintah pun akan berusaha semaksimal mungkin mempertahankan aturan ini.

"Dalam hal ini presiden sudah menunjuk Menko Perekonomian Pak Darmin untuk sebagai koordinator, kemudian pada tingkat menteri akan dipimpin oleh Menkeu dan Menkumham," Pramono menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.