Sukses

Anwar Kabur, Polisi Panggil Pihak Rutan Salemba

Polisi ingin mendapat penjelasan terkait kondisi rutan yang membuat Anwar lolos dari tahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Sub Direktorat Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya akan memanggil pihak Rutan Salemba terkait kaburnya Anwar. Dia adalah terpidana seumur hidup karena telah membunuh dan memperkosa siswi SMP di Bendungan Hilir Jakarta.

Polisi ingin mendapat penjelasan terkait kondisi rutan yang membuat Anwar lolos dari tahanan.

"Besok satu orang dari rutan akan datang ke sini (Polda Metro Jaya). Kami mau tahu bagaimana seorang tahanan bisa kabur," kata Kepala Unit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Handik Zusen di Mapolda Metro Jaya, Jumat (15/7/2016) dini hari.

Sementara itu, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto berujar setelah memanggil petugas rutan, pihaknya juga akan memanggil Kepala Rutan (Karutan) Salemba. Hal ini untuk menanyakan lebih dalam kebijakan rutan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) rutan yang terletak di Jakarta Pusat itu.

"Setelah itu karutannya akan kami panggil," timpal Budi.

Budi juga akan meminta penjelasan pihak rutan atas keberadaan Anwar di sana. Pasalnya Anwar telah divonis penjara seumur hidup dan sesuai peraturan, seharusnya terpidana sudah dipindahkan ke lembaga permasyarakatan.

"Kami kan harus tanya. Harusnya kan dia (Anwar) ditaruh di dalam lapas, tapi ini malah ditaruh di dalam rutan?" ujar Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini