Sukses

VIDEO: Berbagai Tradisi Unik Pasca-Idul Fitri

Tradisi bermain ski di atas air lumpur dan wayang krucil adalah tradisi yang digelar usai hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Pasuruan - Meski hari raya Idul Fitri sudah berlalu, kemeriahan perayaan Lebaran masih terus berlangsung. Salah satu tradisi unik dalam Lebaran ketupat adalah sky lot atau bermain ski di atas lumpur yang digelar warga di Pasuruan, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (15/6/2016), ratusan warga sudah berkumpul di sebuah tambak di desa Tambak Lekok, Kecamatan Pasuruan, Jawa Timur. Mereka ingin memeriahkan sebuah tradisi yang sudah berlangsung selama puluhan tahun yaitu seluncur di atas lumpur.

Tradisi ini berawal dari kebiasaan warga sekitar yang kebanyakan nelayan saat mencari kerang di tepi pantai. Tradisi ini kemudian berkembang dan selalu di gelar sepekan usai hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, tradisi yang tak kalah unik juga digelar warga di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Guna melestarikan budaya dan memperingati tujuh hari di bulan Syawal, warga Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir, menggelar pementasan wayang krucil.

Wayang krucil merupakan warisan berusia sekitar 120 tahun yang kini semakin langka. Berbeda dengan wayang kulit, wayang krucil terbuat dari kayu mentaos dan dipentaskan pada siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.