Sukses

Kemana Angin Reshuffle Berhembus?

Isu kocok ulang kabinet Jokowi kembali santer terdengar. Meski beberapa nama telah diisukan diganti, namun belum ada kepastian

Liputan6.com, Jakarta Isu reshuffle kabinet kembali santer terdengar. Hal tersebut ramai dibicarakan setelah masuknya PAN dan Golkar dalam koalisi serta kelakar Jokowi pada Juni lalu. Banyak orang menerka-nerka siapa dan bagaimana rancangan perombakan kabinet yang akan dilakukan oleh Jokowi untuk kedua kalinya.

Reshuffle kabinet pertama Jokowi dilakukan pada 12 Agustus 2015. Kala itu Jokowi mengganti Indroyono Susilo oleh Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan diganti oleh Tom Lembong dan Menteri Perekonomian diisi oleh Darmin Nasutiona, sementara Sofyan Djalil dipindahkan menjadi Ketua Bappenas. 

Nama-nama yang kini diperkirakan terkena isu reshuffle adalah Rini Soemarno, Yuddy Chrisnandi, Marwan Jafar, Sutiyoso dan beberapa menteri ekonomi. Nasib Rini masih menjadi misteri setelah dia berseteru dengan DPR hingga dilarang untuk menghadiri Rapat Kerja Bersama DPR. Sementara Marwan Jafar tersandung kasus soal pendamping desa. Selain itu, masuknya PAN dan Golkar turut mendorong isu perombakan kabinet Jokowi kian nyaring. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.