Sukses

H+4 Lebaran, Bus Luar Jawa Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan

Kepadatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mulai terlihat sejak Minggu dini hari tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Emiral August mengatakan, arus balik mudik pada H+4 Lebaran di terminal tersebut mulai didominasi bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dari luar Pulau Jawa. Hal itu berdasarkan data yang diperoleh terhitung sejak Minggu dini hari tadi.

"Arus balik hari ini sudah terlihat dari malam sampai pagi ini jam 08.00 WIB. Kemarin itu masih didominasi oleh bus dari Jawa Barat, Sukabumi, Tasik. Sejak semalam bus-bus dari Jawa Tengah dan Sumatera sudah mulai terlihat. Seperti Lampung, Palembang, dan Bengkulu," ucap Emiral di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (10/7/2016).

Dia merinci, terhitung sejak kemarin malam hingga pukul 08.00 WIB pagi ini, sudah ada 23.470 orang yang kembali ke Ibu Kota melalui Terminal Kampung Rambutan. Sementara untuk bus yang masuk ke terminal, terhitung ada 642 unit dengan kurun waktu kemarin hingga pagi ini.

"Prediksinya memang H+3 dan H+4. Dibandingkan tahun lalu itu 38.212 pemudik yang kembali. Itu puncak arus baliknya H+6," dia menjelaskan.

 Pemudik dari wilayah Jawa Barat mulai tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (9/7). Puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Sabtu- Minggu (9-10) Juli 2016. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Emiral menambahkan, dalam menghadapi puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan, pihaknya sudah bekerja sama dengan personel keamanan gabungan. Terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

"Ada 218 personel PAM yang bersiaga memberi rasa aman kepada pemudik yang kembali lewat Rambutan," dia menerangkan.

Pantauan Liputan6.com, pukul 09.30 WIB, tampak pintu masuk Terminal Kampung Rambutan mulai dipadati bus yang masuk. Pemudik yang lelah juga bergegas mengantre di toilet umum dan terlihat beristirahat sejenak di pinggir perlintasan bus untuk nantinya kembali melanjutkan perjalanan ke rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini