Sukses

Kakorlantas: Mudik Macet, Jangan Saling Menyalahkan

Arus balik diprediksi akan mengalami puncaknya pada Minggu 10 Juli.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik mudik Lebaran 2016 masih diwarnai kemacetan di sejumlah titik, baik di jalur utara maupun selatan. Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto meminta agar semua pihak tidak saling menyalahkan.

"Jangan menyalahkan orang. Lebih baik, bagi saya di mana kekurangannya di sana diperbaiki," ujar Agung saat dikonfirmasi, Minggu (10/7/2016).

Dia menjelaskan, dari hasil evaluasi, banyak berbagai faktor penyebab kemacetan parah. Dari faktor sarana prasarana, kemudian pemudik yang tidak menaati aparat di lapangan.

"Misalnya, ada palang kereta api juga tak bisa diganggu gugat. Tiap 20 menit berhenti. Kita ikuti, itu kan juga menyebabkan perlambatan arus," jelas Agung.

Kemudian, sambung dia, infrastruktur perbaikan jembatan yang belum selesai sehingga perlu dipaksa untuk segera diselesaikan kapan waktu penyelesaiannya.

Selain itu, ia menambahkan, ada pemudik yang tidak memahami arahan polisi. "Karena itu, kami mohon patuhi petugas di lapangan," imbau Agung.

Arus balik diprediksi akan mengalami puncaknya pada Minggu 10 Juli. Beberapa jalur baik di utara maupun di selatan, masih diperkirakan mengalami kemacetan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.