Sukses

Trauma Lewat Utara, Sejumlah Pemudik Pilih Selatan Saat Balik

Hasilnya berdampak terhadap kepadatan arus lalu lintas di kawasan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya menuju Malangbong, Kabupaten Garut.

Liputan6.com, Jakarta Akibat kemacetan cukup parah di Exit Pintu Tol Brebes (Brexit) di Jalur Utara saat arus mudik, kini sejumlah pemudik lebih memilih Jalur Selatan saat arus balik.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, para pemudik kapok karena kemacetan di kawasan Brebes, Tol Cipali, dan sekitarnya.

Yusri mengatakan kondisi tersebut mengakibatkan volume kendaraan di Jalur Selatan meningkat tajam saat arus balik Lebaran tahun ini. Hasilnya berdampak terhadap kepadatan arus lalu lintas di kawasan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya menuju Malangbong, Kabupaten Garut.

"Yang kami lihat, masyarakat sekarang trauma dengan kejadian Brexit. Sehingga banyak kendaraan yang saat ini beralih menggunakan Jalur Selatan," jelas Yusri saat dihubungi, Sabtu (9/7/2016).

Menurutnya, kepadatan arus balik sudah terjadi sejak Jumat 8 Juni 2016. Yusri mengatakan, sekitar pukul 12.00 WIB, antrean kendaraan dari Gentong menuju Malangbong mengekor hingga 8 kilometer.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, lanjut Yusri, kendaraan dari arah Ciamis akan dialihkan menuju Singaparna. Polisi saat ini memberlakukan satu jalur untuk mengurai kemacetan.

"Kita petakan dan berlakukan satu jalur, sehingga kendaraan yang datang dari arah Bandung dan Nagreg kita tahan dulu. Karena bus-bus besar itu juga menahan kendaraan dari Gentong menuju Malangbong, makanya kita tarik dulu yang jalur ini," ucap Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini