Sukses

Puncak Arus Balik, Polisi Berlakukan Contra Flow di Tol Cipali

Di antara rekayasa lalu lintas di tol Cipali, kendaraan dari Jakarta arah Cirebon, akan dikeluarkan melalui tol Palikanci.

Liputan6.com, Cirebon - Jajaran Polda Jawa Barat (Jabar) siap memberlakukan contraflow jarak jauh, apabila terjadi kemacetan parah saat puncak arus balik Lebaran 2016. Puncak arus balik diperkirakan Sabtu malam ini.

Dirlantas Polda Jabar Komisaris Besar Sugihardi mengatakan, sejumlah pengalihan lalu lintas akan dilakukan guna mengurai kemacetan. Di antaranya kendaraan dari Jakarta arah Cirebon, akan dikeluarkan melalui tol Palikanci.

"Pintu tol Brebes juga akan dijadikan pintu masuk semua, dan kendaraan yang dari Jabar akan kami keluarkan melalui tol Palikanci," ujar Sugihardi kepada Liputan6.com, Cirebon, Sabtu (9/7/2016).

Kepolisian juga terus memantau perkembangan arus lalu lintas di gerbang tol Palimanan. Jika terjadi kemacetan parah, kendaraan yang melintas di sepanjang tol Cipali juga akan dilakukan rekayasa.

Di antaranya, kendaraan yang melintas dari Jakarta akan dialihkan ke pintu tol Sumber Jaya. "Kalau tidak terlalu padat kendaraan bisa kami keluarkan, melalui tol Plumbon yang dari arah Jakarta," ujar Sugihardi.

Sementara, antrean panjang menuju Jakarta di gerbang tol Palimanan terjadi sejak pukul 09.15 WIB. Bahkan, antrean hingga empat kilometer. Petugas akhirnya melakukan rekayasa lalu lintas, dengan contra flow kendaraan arah Jakarta.

"Sejak pagi dilakukan contra flow untuk mengurai kemacetan menuju arah pintu tol Palimanan," ungkap seorang pemudik, Maman yang sejak pagi berada di sekitar jembatan fly over Desa Kempek menuju gerbang tol Palimanan.

Diperkirakan jumlah antrean akan semakin panjang menjelang siang hingga sore, karena arus balik terus bertambah. Bahkan, antrean kendaraan diperkirakan hingga pintu gerbang tol Plumbon, dari tol Palimanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.