Sukses

Kuda di Bogor Tiba-Tiba Pingsan Saat Angkut Wisatawan

Dugaan sementara, kuda tersebut kelelahan karena tanpa henti melayani wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Malang benar nasib kuda untuk delman wisata di Kota Bogor ini. Akibat diforsir bekerja, kuda tersebut pingsan di tengah jalan.

Kuda yang pingsan di Jalan Otista langsung menjadi perhatian warga Kota Bogor.

Kota Bogor sendiri merupakan kota destinasi wisata yang cukup populer di Jawa Barat. Banyak wisatawan lokal maupun luar daerah memanfaatkan moda transportasi delman atau andong ini.

Kapolsek Bogor Tengah, Kompol Saepudin Gayo, sempat mengambil foto kuda pingsan ini. Kemudian ia dan petugas kepolisian lain memberikan pertolongan terhadap kuda berwarna coklat itu.

Menurut Gayo, kuda yang tengah menarik penumpang tersebut, tiba-tiba jatuh pingsan sekitar pukul 07.00 WIB di Jalan Otista.

Saat pingsan, kondisinya masih terikat dengan delman yang biasa ditariknya. Sang Kusir dan beberapa petugas kepolisian serta penumpang berinisiatif menenangkan kuda tersebut dan membaringkannya agak ke tepi jalan kemudian memberikan air. Kemacetan pun sempat terjadi karena kondisi lalu-lintas saat itu memang cukup padat.

Kuda tersebut akhirnya dievakuasi oleh sang pemilik ke kandangnya untuk menjalani perawatan sampai kondisinya pulih.

Dugaan sementara menyebutkan, kuda tersebut mengalami kelelahan akibat terlalu diforsir untuk bekerja oleh majikannya. Dugaan lain yaitu tidak diberi cukup makan oleh majikannya, sehingga kondisi fisiknya lemah. Ditambah beban pekerjaan yang berat, membuat kuda ini akhirnya pingsan.

"Mungkin selama libur Lebaran diforsir. Kerja dari pagi sampai sore, jadi kelelahan," kata Gayo.

Wisatawan bisa menikmati Kota Hujan mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan naik delman wisata beroda dua yang ditarik oleh seekor kuda. Sama seperti halnya di wilayah kota lain di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini